Saturday 13 May 2017

Memanfaatkan One Drive Sebagai media Penyimpanan

OneDrive (nama resmi Microsoft OneDrive, sebelumnya SkyDriveWindows Live SkyDrive, dan Windows Live Folders) adalah layanan komputasi awan serupa dengan Dropbox dan Google Drive yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban Web atau perangkat tertentu. Layanan ini dibuat oleh Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live dan memungkinkan pengguna menyimpan berkas-berkasnya secara pribadi, membagikannya dengan orang-orang dalam kontak, atau menjadikan berkas-berkas bersifat umum. Berkas-berkas yang dibagikan untuk umum tidak memerlukan akun Microsoft untuk mengaksesnya.
Setelah gugatan dari televisi penyiar Inggris BSkyB atas penggunaan kata "Sky", Microsoft setuju pada Juli 2013 untuk mengubah nama layanan SkyDrive dalam "jangka waktu yang wajar".[3] Microsoft mengumumkan pada 27 Januari 2014 bahwa SkyDrive akan diganti namanya menjadi OneDrive.[4][5][6]
Microsoft menghadirkan OneDrive yang dirilis hampir bersamaan saat Google memperkenalkan GDrive. Meniru fitur seperti Dropbox, yaitu Desktop Sync Clients, OneDrive juga menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen (WordExcelPowerPoint dan OneNote).
Microsoft OneDrive tidak hanya dikembangkan di dalam platform Windows dan Windows Mobile saja tetapi juga mendukung platform OS X dan iOS. Kabar terbaru untuk pengembangan OneDrive, Microsoft sudah mengintegrasikan OneDrive ke dalam OS terbaru Windows yaitu Windows 8 dan Windows 8.1.[7]
  • Platform yang didukung: WindowsMacWindows MobileiOSWeb.
  • Kapasitas data gratis: 7 GB. (Sekarang bertambah menjadi 15 GB)
  • Harga untuk tambahan kapasitas data: +20 GB ($10 / tahun), +50 GB ($25 / tahun) dan +100 GB ($50 / tahun).
  • Fitur utama: aplikasi editor via web untuk file yang berupa dokumen (WordExcelPowerPoint dan OneNote).

Berikut ini cara mendapatkan akun OneDrive

1.  pertama-tama, kalian kunjungi www.onedrive.com pada browser, jika sudah memiliki akun Microsoft, klik Sign In,  lalu isikan alamat email dan password di kolom yang sudah tersedia ruang penyimpanan OneDrive siap digunakan.Tapi jika belum daftar silakan klik sign up /  Buatlah Akun


2.  kemudian isi informasi yang diperlukan pada kolom-kolom yang tersedia. Pengguna dapat menggunakan alamat Gmail, Yahoo!, Outlook, atau Hotmail yang sudah dimiliki atau juga dapat memilih untuk membuat alamat email baru.

3.  Setelah sukses membuat akun Microsoft, pengguna akan masuk secara otomatis ke halaman utama OneDrive, ruang penyimpanan OneDrive siap digunakan.



4.  Cara mengunggah dan mengunduh file ke dalam OneDrive 
  •  untuk mengunggah file masuk ke akun OneDrive Anda, kemudian klik salah satu folder yang tersedia untuk menyimpan file yang hendak diunggah. Pengguna juga dapat membuat folder baru melalui menu Create di sebelah kiri atas.
  • Dengan cara klik menu upload di sebelah kiri atas, pilih file yang hendak diunggah dari komputer Anda. Pengguna juga dapat mengunggah file dengan cara klik and drag dari komputer ke layar OneDrive.


5.  Proses Upload berkas telah selesai, nah sekrang kita tinggal share/bagikan file kita yang telah di upload, untuk memulainya sangat mudah, kita tinggal klik berkas yang telah di upload sesuai namanya, klik kanan lalu pilih share



6.  Tahap terkahir kita akan mengambil sebuah link pada berkas yang telah di upload, untuk caranya kita tinggal klik get a link, nah pada bagian edit kita sudah dikasihi linknya, kita tinggal share melalui situs jejaring sosial seperti fb dll.



7.  Sementara itu, untuk mengunduh file masuk ke akun OneDrive Anda, lalu klik kanan pada file yang akan diunduh. selesai


Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment